PSSI Berduka, Mantan Kiper Timnas Ponirin Meka Meninggal Dunia

Berita duka datang dari PSSI. Mantan kiper Timnas Indonesia, Ponirin Meka meninggal dunia.

Legenda sepakbola PSMS Medan ini tutup usia pada Senin, 11 April 2022 di rumah duka di Duaun I, Desa Lengau Seprang, Kecamatan Tanjung Morawa, Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi dan mantan Ketua PSSI Djohar Arifin Husin melayat ke rumah duka.

Edy Rahmayadi menceritakan kisah singkat almarhum Ponirin Meka. Dimulai memperkuat PSMS di era perserikatan, hingga akhirnya terpilih menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia.

“Saya menyampaikan, beliau ini mantan senior di perserikatan. Tahun 1975 sudah aktif di sepakbola. Tahun 1980, saya meninggalkan tempat, beliau lanjut main perserikatan PSMS,” kata Gubsu dilansir posmetromedan, Selasa, 12 April 2022.

Kemudian pada tahun 1984-1985, Ponirin Meka berhasil mengharumkan nama PSMS, yang pada akhirnya masuk menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia.

“Beliau akhirnya berangkat jadi pemain Nasional. Beliau sudah benar, sudah banyak berbuat untuk Sumatera Utara dan Indonesia. Kami mengucapkan terimakasih, semoga anak-anaknya bisa mengikuti jejak orangtuanya,” kata Gubsu.

Hal senada disampaikan anggota DPR RI, Djohar Arifin Husin saat melayat ke rumah duka. Dia dan Ponirin Meka adalah sama-sama eks pemain PSMS.

Mantan Ketua PSSI itu bercerita, jika almarhum Ponirin Meka berstatus pegawai negeri di Bea Cukai.

“Iya (dapat status pegawai) dari pemain bola. Dulu, Bea Cukai itu kan ada klub sepakbolanya. Bos Bea Cukai dulu, almarhum Pak Khaidir, mengumpulkan pemain bagus-bagus dibawa ke Jakarta. Ada klub Bea Cukai, banyak pemain-pemain Nasional yang sampai pensiun mereka jadi pegawai. Jadi selamatlah hidup mereka yang ikut klub Bea Cukai,” jelasnya.

Djohar Arifin juga juga menuturkan bahwa Ponirin Meka merupakan sosok pribadi yang berperilaku baik.

Sementara itu, Wabup Deliserdang, turut didampingi Kadis Budporapar Khoirum Rijal ST MAP, Kadis Kominfostan Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Camat Tanjung Morawa Marianto Irawadi S Sos serta unsur Muspika Tanjung Morawa, menyampaikan turut berbela sungkawa dan berduka cita kehilangan putra terbaik Deliserdang.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Deliserdang mengucapkan turut berduka cita sedalamanya, dan semoga almarhum diberikan tempat yang layak disisi Allah SWT. Mengingat beliau adalah salah satu putra terbaik Deliserdang dan menjadi legenda sepakbola,” sebut Wakil Bupati.

Source : fin.co.id

Posting Komentar untuk "PSSI Berduka, Mantan Kiper Timnas Ponirin Meka Meninggal Dunia"